Kesenian Makyong

Kesenian Makyong merupakan sebuah pertunjukan dramatari tradisional yang dimainkan oleh beberapa tokoh utama seperti Pakyong, Makyong, Pangeran, Putri raja, dan beberapa tokoh pembantu lainnya.

Pertunjukan kesenian ini menggabungkan upacara keagamaan, sandiwara, tari, musik dan cerita.Cerita yang dillakonkan kebanyakan berasal dari cerita rakyat, beberapa judul yang terkenal yakni Tuan Putri Ratna Emas, Nenek Gajah dan Daru, Cerita Gondang, dll. Sebelum acara pementasan dilakukan, Ketua Panjak atau disebut Bomo melakukan ritual yaitu Upacara Mengasap Alat-alat dan Buang Bahasa atau Buka Tanah.Setelah selesai ritual tersebut, pertunjukan Makyong langsung dimulai.

Dengan diiringi musik, seorang pemain wanita berpakaian lelaki yang memerankan Pakyong atau Cikwang berdiri.Dia bertelekan pada kedua lutut dan perlahan-lahan berdiri sambil menyanyikan lagu Betabik.
Nyanyian Pakyong disambut oleh para pemain wanita yang memerankan inang dan dayang.Mereka berdiri, kemudian ikut menari dan menyanyi bersama Pakyong.Setelah selesai membawakan lagu Betabik, para dayang dan inang duduk kembali.Pakyong yang masih berdiri di tengah area pertunjukan segera memanggil Si Awang atau Peran.

Di sudut lokasi itu Awang atau Peran menyahut panggilan Pakyong sambil memantrai topeng yang sedang dipegangnya. Topeng dipakai dan ia pun mendekati Pakyong dengan gerakan teatral khas Makyong, yaitu melenggang dengan tangan bergetar. Dalam teater Makyong, Awang atau Peran merupakan pemain yang amat penting.Dia menjadi pelawak, pengiring raja, pengiring anak raja (pangeran), dan kadang-kadang juga disebut Pakyong Muda.

Pergantian babak atau adegan dalam teater Makyong ditandai dengan nyanyian dan dialog yang diucapkan para pemain atau dengan duduk dan berdirinya para pemain di pinggir ruang pertunjukan, sedangkan pertukaran peran dilakukan dengan menukar topeng yang dikenakan pemain. Seorang pemain boleh membawakan lebih dari satu peran, bahkan tiga atau empat peran dengan cara menukar topengnya.

Pemakaiantopeng dalam pementasan Makyong di Bintan adalah ciri Khusus yang membedakan dengan pertunjukan Makyong dari daerah lain. Kesenian Makyong Bintan terkenal dengan nama Makyong Mantang Arang.

Copyright © 2016 BintanTourism.com. All rights reserved | Design by grahaDesignstudio